• Bajaku Baja

Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Berongga

Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Berongga - Perlu mengganti plafon yang rusak, tetapi tidak mau memanggil tukang? Tenang saja, kamu bisa melakukannya sendiri dengan mudah kok. Berikut panduan Cara Pasang Plafon Gypsum rangka berongga untuk referensi Anda. Material gypsum kini banyak diminati sebagai penutup plafon hunian. Hal ini dikarenakan tampilannya yang lebih menarik dan terlihat kokoh dibandingkan triplek.

Hanya saja pemasangannya cukup merepotkan sehingga perlu bantuan ahlinya. Namun jika Anda ingin melakukannya sendiri, berikut ini cara memasang rangka gypsum rangka berongga yang bisa Anda aplikasikan dengan mudah.

Cara Pasang Plafon Gypsum


Cara Pasang Plafon Gypsum
Cara Pasang Plafon Gypsum

Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Berongga

1. Evaluasi Garis Ketinggian Plafon

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah ketinggian ketinggian pada ruangan langit-langit. Buat empat titik di setiap sudut ruangan dengan menggunakan selang ketinggian udara. Kemudian tarik garis lurus dari satu titik ke titik lain menggunakan tali pensil. Setelah selesai, Anda bisa melihat tanda garis elevasi yang berguna sebagai patokan pemasangan rangka berongga.

2. Sudut Pemasangan Dinding

Langkah selanjutnya adalah pemasangan sudut dinding yang akan menopang plafon gipsum. Tempatkan sudut dinding tepat di bawah garis lurus yang telah dibuat sebelumnya. Kemudian paku menggunakan paku beton 2-3 cm, pastikan jarak antar paku minimal 30 cm. Jika siku pada paku cukup kuat, Anda dapat melanjutkan ke pemasangan sudut dinding berikutnya.

3. Jarak Evaluasi Rangka

Selanjutnya, evaluasi terlebih dahulu jarak sudut dinding pada salah satu bagian dinding yaitu bagian yang lebih panjang. Tandai setiap jarak 60 cm yang telah Anda ukur dengan pensil atau spidol agar mudah dilihat. Evaluasi ini akan membantu proses pemasangan besi berongga pada tahap selanjutnya. Sekarang saatnya memasang regangan berongga bawah di area plafon rumah yang memanjang.

4. Pemasangan Bentangan Berongga Bawah

Pastikan ukuran setiap lubang yang akan digunakan tepat sebelum pemasangan pemasangan. Jika ada penambahan, potong dulu agar tidak merusak dinding nantinya. Namun, jika sesuai, cukup tumpang tindih lubang di sisi atas sudut dinding dan dikencangkan dengan bor. ini sampai seluruh panjang lubang terpasang di bawah.

5. Pemasangan Bentangan Berongga Atas

Langkah selanjutnya adalah memasang bagian atas berongga stretch untuk mengunci lubang sebelumnya agar tidak goyang. Untuk langkah ini, Anda perlu melakukan pengukuran pada sisi dinding yang berbeda. Tujuannya agar lubang atas dan bawah tampak saling bersilangan setelah semua bagian dipasang.

Buat tanda pada dinding dengan jarak 80 cm, pasang lekukan di atas lekukan bawah, lalu kencangkan dengan kencang. Anda harus melakukan penyekrupan di sisi kiri, kanan, dan bawah untuk menembus lubang bawah.

6. Pemasangan Gantungan Rangka Plafon

Kemudian Anda harus membuat gantungan yang menghubungkan rangka berongga atas dan bawah dengan rangka atap rumah. Anda dapat menggunakan kawat atau potongan berongga untuk membuat gantungan. Tidak hanya satu, Anda harus membuat beberapa gantungan dengan jarak 80, 100, atau 120 cm. Semakin dekat jarak gantungan, semakin kokoh hasilnya. Ketika jaraknya tepat, Anda perlu memasang di setiap sambungan agar hanya bingkai tidak goyang.

7. Pemasangan Papan Gypsum

Terakhir, lakukan pemasangan papan gypsum pada jalur rangka berongga atas dan bawah. Buat setiap 10 cm agar papan terpasang kuat. Jika yakin papan sudah terpasang dengan kuat, Anda bisa melakukan dempul dan pengecatan. Caulking akan membuat plafon terlihat lebih halus dan sambungankan sambungan yang ada. Untuk hasil yang optimal, sebaiknya lakukan cauking 2-3 kali sebelum mengecat plafon.

Menghitung Biaya Tukang Plafon Gypsum Harian

Biaya atau harga pemasangan plafon gipsum semacam itu sangat bervariasi menurut wilayah pemesanannya. Namun, biaya rata-rata mungkin Rp100.000/hari dengan tarif pembantu Rp75.000/hari.

Harga Plafon Flat Ekonomis Rp 95.000/m2

  • Papan Gipsum Sta 9mm

  • rangka berongga galvalume 20 x 40 0,30 mm. tebal

  • Komponen nat bersama

  • Upah

  • Termasuk semua bahan, ramset, laser, dan perancah

Harga Plafon Gypsum Flat Standar Rp 105.000/m2

  • Galvalume rangka berongga 20 x 40 dan 40 x 40 ketebalan 0,30-40 mm merek G-Tube sta

  • Komponen nat bersama

  • upah pekerja

  • Termasuk semua bahan, ramset, laser, dan perancah

Harga Plafon Kalsiboard Yang Memiliki Keunggulan Tahan Air Yaitu Rp 110.000/M2

  • Sta merek GRC atau Kalsiboard setebal 4mm

  • rangka berongga galvalume 20 x 40 0,30 mm. tebal

  • Komponen nat bersama

  • upah pekerja

  • Termasuk semua bahan, ramset, laser, dan perancah

Menghitung Kebutuhan Rangka Plafon

  • Ruangan ukuran 3 x 3 m menggunakan rangka berongga yang dipasang di dinding yaitu 3 mx 4 batang = 12 m1. Panjang lubangnya 4 m, artinya masih ada sisa.

  • Potongan kurang lebih 1 meter bisa digunakan untuk gantungan.

  • Untuk pengisian bingkai per 60 cm. 300: 60 cm = 5 batang.

  • Hitung Silang 4 cm x 3 mx 2 batang.

Ukuran plafon adalah 9 m 2, maka kebutuhan rangka berongga 3 mx 4 palang = 12 m. 3 mx 5 batang = 15 m.

Jumlah total rangka atap yang dibutuhkan 33m atau 10 batang berongga:

  • Daftar profil dipasang di antara tepi dinding dan langit-langit, sehingga panjang trim yang diperlukan adalah 12 m.

  • Untuk kebutuhan plafon kucing, kita bisa menambahkan cat sebagai finishing plafon. Untuk menghitung kebutuhan mengecat plafon, kita membutuhkan ruangan berukuran 3 x 3 m = 9 m. Jadi kita butuh kucing 5 kg.

Semua Jasa Pasang Plafon

  1. Toko Plafon Pvc

  2. Plafon Pvc Jogja

  3. Plafon Pvc Klaten

  4. Plafon Pvc Prambanan

  5. Plafon Klaten

  6. Jogja Plafon Pvc

  7. Klaten Plafon Pvc

Demikian ulasan artikel tentang Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Berongga, semoga bermanfaat. Untuk Anda yang sedang mencari jasa pasang plafon gypsum dengan kualitas baik segera hubungi kami.

0 views0 comments