• Bajaku Baja

Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Kayu

Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Kayu - Pada ulasan kali ini, kita akan mempelajari cara pemasangan rangka kayu pada atap plafon dengan baik dan benar sesuai dengan standar konstruksi rumah tinggal Indonesia. Plafon merupakan bagian wajib dari setiap bangunan tempat tinggal karena banyaknya fungsi dari plafon ini.


Seperti menambah keindahan interior ruangan di rumah anda dan tempat untuk mengisolasi panas agar udara di dalam ruangan tetap dingin dan tidak panas. Nah disini kami akan memberikan informasi penting mengenai Cara Pasang Plafon Gypsum rangka kayu. Plafon atau langit-langit juga merupakan bagian sekunder dari sebuah rumah namun memiliki fungsi penting yaitu memberikan perlindungan dari debu dan kotoran yang jatuh dari genteng.

Pasang Plafon Gypsum


Pasang Plafon Gypsum Rangka Kayu
Pasang Plafon Gypsum Rangka Kayu

Cara membuat plafon rumah minimalis yang mudah dicapai bagi Anda yang memiliki desain hunian modern dan elegan Agar terjadi perpaduan antara plafon dan lantai bangunan. Nah, untuk pengertian dan fungsi plafon secara lengkap akan kami ulas pada artikel berikut ini.

Pengertian Plafon

Plafon merupakan bagian dari konstruksi yang merupakan lapisan pembatas antara rangka bangunan dengan rangka atap, sehingga dapat dikatakan ketinggian bangunan di bawah rangka atap. Plafon atau sering disebut plafon adalah bagian atas bagian dalam bangunan (rumah).

Fungsi Plafon

Plafon merupakan bagian interior yang harus didesain agar ruangan menjadi sejuk dan enak dipandang (artistik). Plafon sebagai batas ketinggian sebuah ruangan tentunya ketinggiannya bisa diatur dan disesuaikan dengan fungsi ruangan yang ada. Sebagai contoh; Untuk ruang tamu dalam sebuah hunian, ketinggian plafon cenderung lebih rendah, begitu juga dengan ruang keluarga atau ruang makan, sehingga lebih berkesan akrab dan bersahabat.

Plafon juga bekerja sebagai insulasi panas yang berasal dari atap atau sebagai penahan perambatan panas dari atap ( aluminium foil ). Plafon juga dapat dianggap sebagai suara air hujan yang jatuh di atap, terutama penutup atap berbahan logam. Plafon sebagai finishing (elemen keindahan), memiliki tempat untuk menggantungkan bola lampu, sedangkan bagian atasnya untuk meletakkan kabel-kabel listrik (instalasi hemat).

Bahan Dan Konstruksi Plafon

Sedangkan bahan untuk membuat plafon dapat dibuat dari anyaman bambu atau bilik, papan kayu, semen asbes, kayu lapis, hardboard, cellotex, acustek tile, papan partikel, kayu jabar dan saat ini papan gypsum dan lain-lain banyak digunakan. Konstruksi plafon terdiri dari:

Rangka Plafon

Bagian dari rangka plafon yang baik terdiri dari elemen rangka yang baik pula. Apa saja elemen atau komponen yang menyusun rangka plafon? Sebagai berikut, urutan urutan plafon dan stek serta penutup adalah sebagai berikut. Dan rangka yang bisa dipasang dengan cara mempersiapkannya, seperti rangka kayu yang sudah ditentukan dan ukuran profil aluminium yang sudah disiapkan.

Bahan penutup terdiri dari berbagai macam bahan antara lain triplek dengan ketebalan e 4 mm, PVC board, asbes 3 mm, akustik tile atau soft board 15 mm, Gypsum board , Aluminium, Board atau kayu, Hard board, dan lain sebagainya.

Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Kayu

Nah, setelah kita mengetahui pengertian plafon, fungsi plafon dan komponen yang dibutuhkan untuk membuat plafon yang baik dan benar, berikut ini cara memasang plafon rangka kayu yang aman. Cara pertama adalah mengukur ketinggian plafon yang akan dipasang. Kemudian Anda bisa mulai memasang bingkai gantung langit-langit.

lakukan tes beban gantungan. Langkah ini sangat penting agar plafon kuat, tidak mudah roboh dan tidak menimbulkan hal-hal yang tidak diinginkan nantinya. Tandai batas atas untuk langit-langit. Selanjutnya, pemasangan bingkai langit-langit. Dilanjutkan dengan pemasangan penutup plafon. Dan langkah terakhir adalah memeriksa kerataan langit-langit.

Manfaat Gypsum Untuk Plafon Rumah

Gypsum adalah bahan mineral yang diperoleh dari batuan sedimen, dan telah digunakan untuk berbagai keperluan bangunan selama bertahun-tahun. Tidak hanya digunakan sebagai bahan plafon, gypsum juga sering digunakan untuk dinding rumah. Gypsum untuk plafon, biasanya lebih kecil dari dinding. Gypsum biasanya digantung pada kisi-kisi dengan kawat.

Keunggulan Plafon Gypsum Yang Bisa Anda Lihat

1. Tidak Mudah Terbakar

Bahan gypsum terbuat dari bahan yang tidak mudah terbakar, sehingga cenderung lebih aman untuk perumahan.

2. Proses Pemasangan Cepat

Selain itu, saat terjadi kerusakan, plafon gypsum cenderung lebih mudah diganti.

3. Harganya Relatif Murah

Harga gypsum juga cukup ekonomis dibandingkan bahan lainnya. Apalagi dengan harga segitu, bahan yang didapat memiliki kualitas super mewah.

4. Tersedia Dalam Berbagai Desain Dan Motif

Desainnya juga beragam sehingga Anda dapat menyesuaikan diri dengan preferensi Anda. Motif dan ukiran juga tersedia dalam banyak pilihan.

5. Membuat Rumah Terasa Lebih Sejuk

Bahan mineral yang terkandung dalam gypsum mampu menyerap panas, sehingga udara di dalam rumah akan terasa lebih sejuk.

6. Mampu Menyerap Rembesan Air

Sifat gypsum juga menyerap udara, sehingga mampu menahan rembesan udara saat terjadi kebocoran. Nah, bagaimana? Sekarang Anda tahu segalanya tentang gipsum.

Semua Jasa Pasang Plafon

  1. Toko Plafon Pvc

  2. Plafon Pvc Jogja

  3. Plafon Pvc Klaten

  4. Plafon Pvc Prambanan

  5. Plafon Klaten

  6. Jogja Plafon Pvc

  7. Klaten Plafon Pvc

Demikian ulasan artikel tentang Cara Pasang Plafon Gypsum Rangka Kayu, semoga bermanfaat. Untuk pesan Pasang Plafon Gypsum klik icon WA di bawah.


1 view0 comments